Cerita Inspirative Perjalanan Hidup Steve Jobs

Saya merasa terhormat berada bersama Anda hari ini pada dimulainya Anda dari salah satu universitas terbaik di dunia . Saya tidak pernah lulus dari perguruan tinggi . Sejujurnya , ini adalah yang paling dekat saya terlibat dalam upacara wisuda . Hari ini saya ingin menyampaikan tiga cerita pengalaman hidup saya . Itu saja. Tidak ada masalah besar . Hanya tiga cerita .

Cerita pertama adalah tentang menghubungkan titik-titik .

Cerita Inspirasi Perjalanan Hidup Steve jobs
Saya drop out dari Reed College setelah 6 bulan pertama , tapi kemudian tinggal di sekitar sebagai drop -in selama 18 bulan atau lebih sebelum aku benar-benar berhenti . Jadi, mengapa saya drop out ?

Kisahnya dimulai sebelum saya lahir . Ibu kandung saya adalah seorang yang masih muda muda , menikah saat menjadi mahasiswi , dan ia memutuskan untuk menyerahkan saya untuk diadopsi . Dia bertekad bahwa saya harus diadopsi oleh keluarga sarjana , jadi semuanya sudah diatur bagi saya untuk diadopsi pada saat lahir oleh seorang pengacara dan istrinya . Kecuali bahwa ketika saya muncul keluar mereka memutuskan pada menit terakhir bahwa mereka benar-benar ingin seorang gadis .

Maka orang tua saya , yang berada di daftar tunggu , mendapat telepon di tengah malam bertanya : " Kami memiliki bayi laki-laki yang tak terduga , apakah Anda berminat ? " Mereka berkata : "Tentu saja . " Ibu kandung saya lalu mengetahui bahwa ibu angkat saya tidak pernah lulus kuliah dan ayah angkat saya bahkan tidak tamat SMA . Dia menolak untuk menandatangani surat adopsi akhir . Sikapnya baru melunak beberapa bulan kemudian setelah orang tua saya berjanji akan menyekolahkan saya sampai perguruan tinggi.

Dan 17 tahun kemudian aku pergi ke perguruan tinggi . Tapi naifnya saya memilih universitas yang hampir sama mahalnya dengan Stanford , sehingga seluruh kelas tabungan orang tua saya habis untuk biaya kuliah . Setelah enam bulan , saya tidak bisa melihat nilai di dalamnya . Aku tidak tahu apa yang ingin saya lakukan dengan hidup saya dan tidak tahu bagaimana kuliah akan membantu saya menemukannya . Dan di sini saya sudah menghabiskan seluruh uang orang tua saya seumur hidup mereka . Jadi saya memutuskan untuk drop out dan percaya bahwa semuanya akan bekerja keluar OK . Itu cukup menakutkan pada saat itu , tapi melihat ke belakang itu adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah saya buat . Begitu saya drop out saya bisa berhenti mengambil kelas-kelas yang diperlukan yang tidak menarik minat saya , dan mulai mampir pada orang yang tampak menarik .

Itu tidak semua romantis. Saya tidak punya kamar kos sehingga nebeng tidur di lantai kamar teman-teman , saya ambil kembali botol coke untuk 5 ¢ deposito untuk membeli makanan dengan , dan saya akan berjalan 7 mil melintasi kota setiap Minggu malam untuk mendapatkan satu yang baik makan seminggu di kuil Hare Krishna . Aku menyukainya . Dan banyak yang saya temui saat itu karena mengikuti rasa ingin tahu dan intuisi, ternyata kemudian sangat berharga .
satu contoh :

Reed College pada waktu itu menawarkan mungkin kaligrafi terbaik di negeri ini . Sepanjang kampus setiap poster , setiap label di setiap laci , adalah tangan dengan sangat indahnya . Karena sudah DO, saya tidak harus mengikuti perkuliahan normal , saya memutuskan untuk mengambil kelas kaligrafi untuk belajar bagaimana melakukan ini . Saya belajar tentang serif dan san serif, tentang memvariasikan jumlah jarak antara kombinasi huruf yang berbeda , tentang apa yang membuat tipografi yang hebat . Itu indah , bersejarah , artistik halus dalam cara bahwa ilmu pengetahuan tidak bisa menangkap , dan saya menemukan hal menarik .

Semua ini bahkan harapan dari setiap aplikasi praktis dalam hidup saya . Namun sepuluh tahun kemudian , ketika kami mendisain komputer Macintosh yang pertama , ilmu itu kepada saya . Dan kami mendesain semua ke dalam Mac . Itu adalah komputer pertama dengan tipografi yang indah . Seandainya saya tidak DO dan mengambil kelas kaligrafi , Mac tidak akan pernah memiliki beberapa tipografi atau font proporsional spasi . Dan karena Windows menjiplak Mac , kemungkinan bahwa tidak ada komputer yang seperti itu . Seandainya saya tidak DO , saya tidak akan pernah mampir di kelas kaligrafi ini , dan komputer pribadi tidak akan memiliki tipografi yang indah yang mereka lakukan . Tentu saja , tidak mungkin merangkai cerita seperti itu sewaktu saya masih kuliah . Tapi itu sangat , sangat jelas melihat ke belakang sepuluh tahun kemudian .

Sekali lagi , Anda tidak dapat menghubungkan titik-titik depan, Anda hanya bisa melakukannya dengan merenung ke belakang. Jadi, Anda harus percaya bahwa titik-titik Anda bagaimana pun akan terangkai di masa mendatang . Anda harus percaya pada sesuatu - insting, takdir , kehidupan , karma , apapun . Pendekatan ini tidak pernah mengecewakan saya , dan itu telah membuat semua perbedaan dalam hidup saya .

Cerita kedua saya adalah tentang cinta dan kehilangan .


Saya beruntung - saya menemukan apa yang saya sukai sejak masih muda . Woz dan saya memulai Apple di garasi orang tua saya ketika saya berumur 20 . Kami bekerja keras dan dalam 10 tahun Apple berkembang dari hanya kami berdua di garasi menjadi perusahaan 2 milyar dolar dengan 4000 karyawan . Kami baru meluncurkan produk terbaik kami - Macintosh - setahun sebelumnya , dan saya baru menginjak usia 30 . Dan saya dipecat . Bagaimana mungkin Anda dipecat dari perusahaan yang Anda dirikan ? Yah, seperti pertumbuhan Apple, kami merekrut orang yang saya pikir sangat berkompeten untuk menjalankan perusahaan bersama saya , dan untuk tahun pertama, semua berjalan lancar . Tapi kemudian visi kami mengenai masa depan mulai berbeda dan akhirnya kami sulit disatukan . Ketika kita lakukan , Dewan Direksi berpihak padanya . Jadi di usia 30 saya keluar . Dan sangat terbuka keluar . Apa yang menjadi fokus seluruh kehidupan dewasa saya sudah pergi , dan itu menghancurkan.

Aku benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan selama beberapa bulan . Saya merasa bahwa saya telah membiarkan generasi pengusaha sebelumnya turun - bahwa saya telah menjatuhkan tongkat seperti itu diserahkan kepada saya . Saya bertemu dengan David Packardand Bob Noyce dan mencoba meminta maaf karena telah mengacaukan begitu buruk . Aku adalah tokoh publik yang gagal , dan bahkan berpikir untuk lari dari Silicon Valley. Tapi sesuatu perlahan mulai fajar pada saya - saya masih menyukai pekerjaan saya . Pergantian terjadi di Apple tidak mengubah sedikit pun. Saya telah ditolak , tapi aku masih cinta . Maka, saya putuskan untuk mulai lagi dari awal .

Aku tidak melihatnya, tapi ternyata bahwa mendapatkan dipecat dari Apple adalah hal terbaik yang pernah terjadi padaku . Beban berat sebagai orang sukses tergantikan oleh keleluasaan sebagai pemula , segala sesuatunya lebih . Hal itu mengantarkan saya untuk memasuki salah satu periode paling kreatif dalam hidup saya.

Selama lima tahun berikutnya, saya mendirikan perusahaan bernama NeXT , perusahaan lain bernama Pixar , dan jatuh cinta dengan wanita istimewa yang kemudian menjadi istri saya. Pixar bertumbuh menjadi perusahaan yang menciptakan komputer pertama film animasi , Toy Story , dan sekarang merupakan studio animasi paling sukses di dunia . Dalam gilirannya peristiwa luar biasa , Apple membeli NeXT, dan saya kembali ke Apple, dan teknologi yang kami kembangkan di NeXT menjadi jantung bagi kebangkitan kembali Apple. Dan, Laurene dan saya memiliki keluarga yang luar biasa .

Aku cukup yakin semua ini tidak akan terjadi bila saya tidak dipecat dari Apple . Obatnya memang pahit, namun sebagai pasien saya memerlukannya. Terkadang hidup hits Anda di kepala dengan batu bata . Jangan putus asa . Saya yakin bahwa satu-satunya yang membuat saya terus berusaha adalah karena saya menyukai apa yang saya lakukan . Anda harus menemukan apa yang Anda sukai . Dan itu sebagai benar untuk pekerjaan Anda karena bagi pecinta Anda . Pekerjaan Anda akan mengisi sebagian besar hidup Anda , dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang Anda yakini adalah pekerjaan besar . Dan satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang Anda lakukan . Jika Anda belum menemukannya , teruslah mencari . Jangan puas . Seperti semua masalah hati , Anda akan tahu bila Anda telah menemukannya . Dan , seperti hubungan yang hebat , itu hanya akan lebih baik dan lebih baik sebagai tahun bergulir . Jadi, teruslah mencari sampai ketemu . Jangan puas .

Cerita ketiga saya adalah tentang kematian.


Ketika saya berumur 17 , saya membaca ungkapan yang kurang lebih berbunyi : " . Jika Anda hidup setiap hari seolah-olah itu terakhir Anda , suatu hari Anda akan pasti akan segera " Itu membuat kesan pada saya , dan sejak itu , selama 33 tahun terakhir, saya selalu melihat ke cermin setiap pagi dan bertanya kepada diri sendiri : "Bila ini adalah hari terakhir saya, apakah saya ingin melakukan apa yang akan saya lakukan hari ini ? " Bila jawabannya selalu "tidak " dalam beberapa hari berturut-turut , saya tahu saya harus mengubah sesuatu .

Mengingat bahwa saya akan segera mati adalah alat yang paling penting yang pernah saya temukan untuk membantu membuat keputusan besar dalam hidup . Karena hampir segala sesuatu - semua harapan eksternal, kebanggaan, takut malu atau gagal - hal-hal ini hanya jatuh lagi bermanfaat saat menghadapi kematian , meninggalkan hanya apa yang benar-benar penting . Mengingat bahwa Anda akan mati adalah cara terbaik yang saya tahu untuk menghindari jebakan berpikir Anda akan kehilangan sesuatu . Anda sudah telanjang . Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti kata hati Anda .

Sekitar setahun yang lalu saya didiagnosis mengidap kanker . Saya menjalani scan pukul 7:30 pagi dan hasilnya jelas menunjukkan saya memiliki tumor pankreas . Aku bahkan tidak tahu apa itu pankreas . Para dokter mengatakan kepada saya bahwa hampir pasti jenis kanker yang tidak dapat disembuhkan , dan bahwa saya harus mengharapkan hidup tidak lebih dari tiga sampai enam bulan . Dokter menyarankan saya pulang ke rumah dan membereskan urusan saya dalam rangka , yang merupakan dokter kode untuk mempersiapkan kematian . Ini berarti untuk mencoba memberitahu anak-anakmu apa yang Anda pikir Anda akan memiliki 10 tahun ke depan untuk memberitahu mereka hanya dalam beberapa bulan . Ini berarti untuk memastikan segalanya diatur sehingga akan semudah mungkin bagi keluarga Anda . Ini berarti untuk mengucapkan selamat tinggal .

Saya hidup dengan diagnosis itu sepanjang hari . Malam itu aku biopsi , di mana mereka terjebak suatu endoskopi ke tenggorokan saya, melalui perut saya dan ke usus saya , menaruh jarum ke pankreas saya dan mengambil beberapa sel dari tumor . Saya dibius , namun istri saya, yang ada di sana , mengatakan bahwa ketika melihat selnya di bawah mikroskop, para dokter menangis karena ternyata menjadi bentuk yang sangat jarang dari kanker pankreas yang dapat disembuhkan dengan operasi . Saya dioperasi dan

Aku baik-baik saja sekarang .

Ini adalah terdekat saya dengan kematian , dan saya berharap itu yang paling dekat saya dapatkan untuk beberapa dekade lagi . Setelah melalui pengalaman tersebut , sekarang saya bisa mengatakan ini kepada Anda dengan sedikit lebih pasti daripada ketika kematian adalah konsep yang berguna namun murni intelektual :

Tidak ada yang ingin mati. Bahkan orang yang ingin masuk surga pun tidak ingin mati dulu untuk mencapainya . Namun kematian adalah tujuan kita semua . Tidak ada yang bisa mengelak . Dan , memang harus demikian, karena kematian adalah buah terbaik dari kehidupan . Ini adalah agen perubahan Kehidupan . Ini membersihkan keluar yang lama untuk membuat jalan bagi yang baru . Sekarang yang baru adalah kalian , namun suatu hari tidak lama dari sekarang , Anda secara bertahap akan menjadi tua dan disingkirkan . Maaf bila terlalu dramatis , tetapi sangat benar .

Waktu Anda terbatas , jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain . Jangan terperangkap dengan dogma - yaitu hidup dengan hasil pemikiran orang lain . Jangan biarkan omongan orang menulikan Anda sehingga tidak mendengar kata hati Anda . Dan yang terpenting, miliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi . Entah bagaimana mereka sudah tahu apa yang Anda benar-benar ingin menjadi . Segala sesuatu yang lain sekunder .

Ketika saya masih muda , ada sebuah publikasi yang luar biasa disebut The Whole Earth Catalog, yang merupakan salah satu kitab suci generasi saya . Buku itu diciptakan oleh seorang bernama Stewart Brand yang tinggal tidak jauh dari sini di Menlo Park , dan dia membuatnya sedemikian menarik dengan sentuhan puitisnya . Ini terjadi pada akhir 1960-an , sebelum era komputer dan desktop publishing , jadi semuanya dibuat dengan mesin tik , gunting , dan kamera polaroid . Itu seperti Google dalam bentuk kertas , 35 tahun sebelum kelahiran Google : isinya idealis , dan penuh dengan alat-alat rapi dan ungkapan-ungkapan hebat .

Stewart dan timnya sempat menerbitkan beberapa edisi The Whole Earth Catalog , dan ketika mencapai titik ajalnya , mereka membuat edisi terakhir. Saat itu pertengahan tahun 1970-an , dan saya masih seusia Anda . Di sampul belakang edisi terakhir itu ada satu foto jalan pedesaan di pagi hari, jenis yang mungkin menemukan diri Anda lalui jika Anda begitu petualang . Di bawahnya ada kata-kata : " Stay Hungry Stay Foolish . . " Itu pesan perpisahan mereka karena mereka ditandatangani . Stay Hungry . Stay Foolish . Dan saya selalu berharap hal itu untuk diriku sendiri . Dan sekarang , karena Anda akan lulus untuk memulai kehidupan baru , saya harapkan terbaik untuk anda.
Cerita Inspirasi Perjalanan Hidup Steve jobsSumber : http://abckisahku.blogspot.com/2013/09/cerita-inspirasi-perjalanan-hidup-steve.html
Previous
Next Post »

Kalau ingin berkomentar silahkan untuk klik "join this site" agar kamu bisa komen sepuasnya Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment